Trik Jitu Food Photography Simpel, Namun Tetap Instagramable

Trik Jitu Food Photography Simpel, Namun Tetap Instagramable. Trik jitu food photography dengan hasil yang keren menarik untuk kita kupas. Bagi sebagian fotografer, food photography terkadang lebih rumit jika dibandingkan dengan pemotretan biasa. Dalam hal ini kita tidak perlu harus mahir menyusun rangkaian yang akan difoto, akan tetapi juga harus menjaga makanan tersebut tetap segar.

Sehingga saat difoto nanti akan terlihat mengesankan. Berikut ini beberapa teknik yang dapat diterapkan pada food photography meskipun simpel namun tetap cantik.

Trik Jitu Food Photography Simpel, Namun Tetap Instagramable

Trik Jitu Food Photography Hasil Simpel dan Menarik

Trik Jitu Food Photography Simpel, Namun Tetap Instagramable. Seperti yang kita tahu bahwa food photography merupakan salah satu genre fotografi yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun hanya menggunakan perangkat ponsel pintar, tentu kita semua berharap agar hasil foto makanan terlihat lebih menarik dan menggugah selera saat dipublikasikan di berbagai platform media sosial.

Layaknya memasak, food photography menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Tidak memerlukan banyak waktu dan peralatan untuk bisa menghasilkan sejumlah gambar yang menakjubkan.

Kita hanya memerlukan adanya kamera, tripod serta aspek pendukung lainnya, selanjutnya siapkan beberapa makanan menarik yang siap untuk diambil gambar.

Dalam proses pengambilan gambar ini ada beberapa elemen kunci yang harus bersatu untuk memperoleh hasil gambar yang bagus. Dengan mengikuti beberapa trik jitu food photography di bawah ini maka gambar yang instagramable pun akan tercipta meski hanya di dalam rumah.

Penerapan Pencahayaan Natural

Saat proses pengambilan makanan berlangsung sebaiknya jangan memasukkan unsur cahaya secara berlebihan. Pencahayaan yang berlebih akan menyebabkan hasil foto terlihat terlalu terang, terlihat tidak alami.

Sebaiknya ambil gambar makanan dalam kondisi cahaya alami, seperti langsung di bawah jendela. Daylight yang lembut tentu dapat membuat makanan tampak lebih cantik dan menarik. Alangkah baiknya untuk menghindari pencahayaan buatan seperti lampu.

Ambil Gambar dari Beberapa Angle

Sejumlah makanan akan tampak lebih menarik saat difoto dari berbagai angle yang berbeda. Angle atau sudut foto yang berbeda dari setiap pemotretan apapun objeknya tentu mampu menghasilkan gambar yang cantik dan mengesankan.

Hal ini dapat kita bandingkan dengan gambar yang hanya diambil fokus dalam satu sudut saja. Untuk dapat menciptakan kualitas foto makanan yang menarik dan instagramable, manfaat berbagai angle di setiap area pemotretan yang ada.

Namun perlu diketahui bahwa sudut pandang dalam pengambilan makanan yang menarik saat difoto adalah perspektif mata burung.

Jika pengambilan objek yang akan difoto adalah minuman dengan gelas tinggi, maka sebaiknya ambil foto dari sudut 45 derajat atau bisa dari sisi depan. Pastikan pula latar belakang gambar tidak akan mengganggu hidangan yang sedang diambil fotonya.

Food Styling

Trik jitu food photography selanjutnya adalah dengan food styling. Untuk mendapatkan hasil foto makanan yang lebih mengesankan, maka objek makanan harus ditata semenarik mungkin.

Dengan memadukan teknik food styling dalam penyajian objek makanan bersama dengan tenol food photography saat mengambil foto makanan, maka produk makanan yang dihasilkan pun akan lebih menarik.

Letakkan sedikit porsi makanan pada piring besar. Hal ini bertujuan untuk menjadikan objek tangkapan akan lebih indah. Jangan ragu untuk memadupadankan makanan dengan warna-warna terang supaya makanan semakin menggiurkan.

Penggunaan Tripod

Tripod menjadi salah satu piranti memotret yang cukup populer saat ini. Dengan alat ini dapat membantu menjaga kamera agar tetap stabil atau tidak goyang saat proses pemotretan dilakukan.

Salah satu teknik penting dalam pengambilan foto, baik dalam pemotretan makanan adalah dengan menjaga kestabilan kamera. Foto yang dihasilkan pun akan tampak lebih jelas.

Pengaplikasian Background Menarik

Tidak masalah jika ingin memfoto makanan dengan menggunakan latar belakang sebagai aspek pendukung. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tanaman. Dengan tanaman dapat membentuk latar belakang yang kokoh namun tetap bertekstur untuk dibidik.

Akan tetapi sebaiknya hindari penggunaan background yang terlalu ramai atau benda-benda yang tidak terlalu penting. Ini justru akan menjadi distraksi yang akan mengalihkan fokus dari para pemerhati foto. Lebih baik fokuskan foto yang akan diambil pada makanan utama.

Pencahayaan Lampu

Jika pengambilan foto makanan diambil pada malam hari, maka trik jitu food photography yang pas dengan hasil yang sederhana namun tetap instagramable adalah dengan mengatur pencahayaan dari lampu. Dalam hal ini sebaiknya menggunakan cahaya lampu yang lembut serta menyebar.

Jika pengambilan gambar berlangsung di dalam studio, maka bisa menggunakan cahaya redup atau permukaan yang reflektif. Sehingga dapat memantulkan serta menyebarkan cahaya buatan pada objek makanan.

Alangkah baiknya untuk menghindari pencahayaan dari depan. Pasalnya ini justru akan membuat foto makanan tidak menarik serta terlihat hambar.

Perbedaan Food Photography dengan Food Styling

Food photography dan food styling adalah 2 kegiatan yang cukup seru dan menyenangkan. Bahkan keduanya kian digandrungi sebagai profesi bukan sekedar hobi lagi. Akan tetapi, baik food styling dan food photography memiliki trik tersendiri supaya hasil jepretan benar-benar kece.

Food photography merupakan sebuah industri seni fotografi yang mempunyai tujuan dalam mengabadikan berbagai jenis bentuk dari makanan yang diedit sedemikian rupa. Sehingga kelezatan dari makanan tersebut dapat terungkap melalui hasil foto.

Pada umumnya dalam proses pemotretan tersebut memerlukan adanya satu tim yang bernama food stylist. Food stylist inilah yang akan menghias atau menyetting makanan yang akan dipotret sehingga tampilan makanan akan tampak lebih cantik dan menarik.

Penataan makanan ketika akan difoto yang biasanya untuk kegiatan promosi ini dikenal dengan istilah food styling. Dalam mempromosikan produk jualannya, para pelaku bisnis kuliner seringkali membutuhkan adanya food photography dan food stylist.

Berkat kecanggihan teknologi, maka promosi bisnis dapat dilakukan secara online. Para pelaku bisnis kuliner dapat memajang berbagai jenis foto menu makanan di media sosial atau platform jualan lainnya.

Kesimpulan:

Trik jitu food photography untuk hasil maksimal yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah dengan menonjolkan kelezatan makanan sehingga pemirsa akan tertarik terhadap makanan tersebut. Jangan lupa untuk melakukan pengeditan terhadap gambar. Sesuaikan white balance, kecerahan, serta saturasi sehingga foto makanan akan nampak semakin menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *