Cara Membuat Foto Panning Hasil yang Dramatis dan Bisa Cuan!

Cara Membuat Foto Panning Hasil yang Dramatis dan Bisa Cuan. Mengetahui cara buat foto panning memberikan keuntungan tersendiri. Gambar-gambar yang dihasilkan dari teknik panning jauh lebih menarik dan berkualitas tinggi, sehingga bernilai jual.

Dalam fotography, foto-foto hasil panning terkesan lebih dramatis. Hal ini karena tekniknya lebih fokus pada pengambilan gambar terhadap objek yang bergerak dan menghasilkan gambar dinamis.   

Cara Buat Foto Panning Anti Gagal Panduan Bagi Pemula

Cara Membuat Foto Panning Hasil yang Dramatis dan Bisa Cuan. Kemajuan teknologi kamera memicu kemunculan fotografer pemula. Sementara itu, dukungan mengakses kemampuan untuk mengambil foto berkualitas tinggi juga semakin mudah.

Spesifikasi kamera bukan satu-satunya jaminan meraih keberhasilan suatu foto. Hal tak kalah penting adalah memiliki pemahaman mendalam terhadap dasar-dasar fotografi dan komposisi pengambilan gambar.

Jika selama ini sering mengalami kegagalan mendapatkan gambar yang jelas dari objek bergerak, saatnya mempelajari teknik panning. Untuk mendapatkan hasil yang sangat bagus dan terbaik, silahkan menyiapkan kamera DSLR atau mirrorless.

Cara Membuat Foto Panning Hasil yang Dramatis dan Bisa Cuan!

Pilih Mode Pengambilan Gambar

Dalam membidik objek bergerak atau hidup, mode pengambilan gambar yang tepat adalah mode otomatis atau semi otomatis. Tujuannya agar langkah mengubah pengaturan kamera tidak sulit.

Ketepatan Mengatur Shutter Speed

Pengaturan shutter speed menjadi kunci utama keberhasilan teknik panning. Untuk mendapatkan pengaturan yang tepat, seorang fotografer harus memiliki kemampuan memprediksi situasi yang terjadi di lapangan. Hal ini mengingat bahwa objek bidikan foto adalah benda yang bergerak alias memiliki kecepatan.

Untuk melakukan teknik fotografi yang mengandalkan ketepatan shutter speed ini, silahkan mengatur ke rasio 1/2 dari kecepatan objek foto. Bisa juga dengan mengaktifkan mode triangle exposure manual. Setelah itu, lanjutkan dengan menyeting shutter speed sesuai kecepatan objek.

Misalkan untuk mengabadikan momen balapan mobil atau motor, atur shutter speed pada 1/50 atau 1/100. Lain halnya untuk memotret orang yang sedang bersepeda dalam keadaan santai. Atur shutter speed pada 1/30 atau 1/25.

Foto panning menghasilkan gambar objek yang jelas, tetapi latar belakangnya terkesan blur. Bila latar belakang kurang blur, cobalah menurunkan shutter speed. Sebaliknya, naikkan pengaturan shutter jika background foto tidak tajam.

Menggerakkan Kamera Searah Objek

Cara buat foto panning berikutnya adalah menjaga agar gerakan kamera searah dengan objek yang dibidik. Penting untuk menghasilkan gambar foto yang jelas dan detail, sehingga orang lain bisa turut menikmatinya.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, cobalah mengikuti gerakan objek menggunakan kamera. Pastikan posisi kamera sejajar terhadap objek dan jaga agar tetap stabil. Lakukan gerakan ini sambil menekan tombol shutter. Saat merasa sudah tiba waktunya mengambil gambar, coba fokus pada objek lewat viewfinder. 

Jaga Fokus

Sebenarnya, teknik panning bisa dilakukan dengan metode apapun. Hal ini tergantung pada kenyamanan pengguna saat ingin belajar membuat foto panning. Namun, tetap harus memperhatikan fokus. Tanpa fokus, mustahil hasil foto akan bagus.

Hasil foto panning yang bagus yaitu dengan mengaktifkan mode auto fokus, tepat saat mengarahkan kamera pada objek bergerak. Bila harus melakukan gerakan memutar untuk mengikuti objek, usahakan memutar tubuh seirama dengan kamera. Tentunya dengan kecepatan yang tepat.

Tujuannya agar titik fokus terjaga dengan baik, terarah, serta hanya tertuju pada objek gambar tersebut. Pertahankan posisi kamera sejajar dengan objek agar hasilnya nanti jelas. Mode auto fokus akan mengunci objek ketika tombol shutter berada pada posisi setengah ditekan. Bila sudah yakin objek terkunci, barulah menekan tombol shutter sepenuhnya.

Hal tak kalah penting adalah hindari menekan tombol shutter terlalu keras. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya goyangan atau getaran yang akan membuat objek kurang menarik dan kabur. Nah, untuk menciptakan efek blur atau bokeh pada latar belakang objek, jangan lewatkan mengatur bukaan lebar. Gunakan angka f-stop yang lebih kecil untuk bukaan yang lebih lebar.

Hand Held

Untuk kebutuhan pengambilan gambar pada momen olahraga atau pertunjukan, pertimbangkan menggunakan hand held. Kedua aktivitas tersebut berwujud kegiatan aksi yang seringkali terjadi gerakan-gerakan di luar prediksi. 

Namun, praktek menggunakan hand held untuk panning terbilang gampang-gampang susah. Butuh konsentrasi ekstra dan abaikan hal-hal sekecil apapun yang membuyarkan fokus.

Jarak Pemotretan

Penting memastikan punya cukup ruang agar kamera dapat mengikuti pergerakan objek gambar dengan baik. Tidak hanya butuh gerakan kamera yang lembut, stabil, dan terarah pada sumbu horizontal. Pastikan pemilihan objek dengan background cerah dan memiliki warna warni menarik agar hasil foto panning lebih estetik. 

Kekurangan ruang gerak akan membatasi panning. Bila jarak pemotret dengan objek terlalu jauh, maka butuh waktu tunggu yang lama. Sebaliknya, semakin dekat jarak pemotret dengan objek, besar kemungkinan mendapatkan hasil foto dengan sensasi visual yang keren dan kecepatannya pun sempurna.

Lokasi Pemotretan

Ketepatan memilih lokasi juga menyumbang keberhasilan foto panning. Tempat yang berpotensi banyak gangguan bisa menyebabkan hasil foto tidak seperti ekspektasi.

Usahakan memilih tempat yang aman atau minim gangguan. Gunakan lensa foto jarak jauh agar jarak pemotretan sementara tetap terjaga. 

Pantang Menyerah

Dari berbagai teknik fotografi, menghasilkan foto panning adalah yang tersulit. Jadi, bila ada yang mengatakan jika teknik foto mengambil gambar bergerak ini mudah, pendapat ini kurang tepat.

Namun, dengan tetap berusaha dan terus berlatih, bukan tidak mungkin bisa menghasilkan foto-foto panning berkualitas.

Mengeksplorasi foto panning memiliki keseruan tersendiri. Jadi, luangkan waktu untuk melakukan latihan-latihan secara konsisten.

Kesimpulan:

Sudah siap mempraktikkan cara buat foto panning dengan hasil dramatis dan cantik? Bila menjumpai kesulitan, lebih baik bertanya kepada ahlinya. Selamat mencoba dan jangan lelah sampai berhasil mendapatkan foto panning terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *